Laman

Selasa, 17 November 2015

Tipe Karakter Player Xian

Iseng membuat resume tentang karakter berbagai player di dunia Xian. Ya, ini karakter playernya..

Kira-kira seperti apa karakteristik para playernya, humm.. menurut hemat saya, setidaknya ada 6 tipe.

RP pokoknya RP


1. Tipe Pedagang

Tipe yang pertama adalah tipe player bergaya pedagang. Mereka bermain memang berniat untuk berjualan, mensupport player lain, berjualan item, zin, voucher, jasa GB, jasa pencari item, jasa work dalam bangunan, dll. Intinya untuk menambah income pribadi. Mereka inilah golongan player yang paling diuntungkan. Biasanya sangat efektif dan profesional. Fokus pada tujuan. Dimana seperti seorang saudagar pada umumnya di dunia real. Apa yang bisa dijual dipasar yang naik harga dan laris, itulah yang akan diusahakan.

Kalau kemarau jualan Es, kalau musim hujan jualan payung ..


stylish adalah perfect!


2. Tipe Bergaya / Stylish

Karakter bermain gaya/stylish adalah yang paling utama mendahulukan penampilan. Seperti menambah BP, stats VIT, mengkoleksi tipe prajurit-prajurit yang memiliki BP besar, membeli suit mahal-mahal nan unik.

Dan yang terpenting bisa dikatakan "wah" oleh player lain karena stylishnya. Biasanya kalau rama mejeng di depan Daejun/Hanyang/atau tampil di Test Town.

Baginya kemampuan batle yang terbatas tidak masalah, hunt hanya kepada monster-monster tertentu saja. Ya, segalanya demi gengsi bro! B-)



Coba-coba-coba


3. Newbie

Bermain dengan coba-coba. Seperti angin berhembus, coba sana coba sini.. habis itu pensiun atau tidak dilanjutkan. Bisa karena tingkat kebosanan, bisa juga karena tidak menemukan keasyikan di dalam permainnnya. Tidak mengerti atau belum mengerti bermain di xian, baik game playnya maupun sosialnya.

Kalau cocok yang dilanjut, gak cocok ya pensiun.

game adalah segalanya


4. Pemain Sejati

Ini adalah karakter gamer sejati.. bermain tidak habis-habis, bermain bisa hampir 24 jam, lupa waktu ma pacar atau keluarga, antusias menjadikan karakternya sebaik mungkin. Rela mengeluarkan RP untuk mensupport karakternya.

Ya, pokoknya apapun gw lakukan deh buat game Xian ini, gitu kali istilahnya.

Sampai-sampai tipe karakter ini yang disinggung di game xian lama, "bermain terlalu lama menyebabkan putus cinta" :D


life your life..


5. Bermain asyik

Ini adalah karakter gue banget, mengisi waktu senggang diantara kerjaan atau aktivitas biar ga stress, ga dibawa persaan (baper wkwkw), asyik sesukanya mainnya kadang diluar mainstream, karena waktu terbatas cari zin agak susah. Gak terlalu mengejar pertumbuhan karakter, menjaga ritme biar ga bosen. Sesekali keluar RP sedikit, untuk donasi biar publishernya tidak bangkrut dan mokad , sekaligus bantu sedikit perkembangan karakter.

Prinsip utamanya, jangan sampai main game ini malahan bikin pusing atau terbengkalai pekerjaan dan aktivitas real lainnya. Game buat kesenangan, atau mencari kesenangan dalam dunia game.

"Ojo terlalu serius lah, mas.."

ideal dan optimis!



6. Pemain idealis

Tipe yang membentuk karakter dengan sangat idealis dan perfeksionis, misalnya tidak akan keluar 1 RP pun, non cash user. Pada prinsipnya pemegang teguh sebuah prinsip, terutama ya gratisan. Konon ini game gratis, ya namanya gratis mainin aja dengan tetap gratis aja, bisa sejauh apa.

Dan idealisnya adalah engga bakal kalah lah sama yang bermain dengan support RP. Tipe ini bisa bersatu dengan tipe sebelum-sebelumnya.

Salut buat para pemain idealis, asalkan cukup waktu dan tidak melupakan dunia real.. sungguh luar biasa, bro.

Namun terkadang, mereka lupa hitung-hitungan. Saking idealisnya, bahwa waktu adalah uang. Waktu berharga sangat untuk mendapatkan uang. Yg dengan uang, bisa mempercepat proses.

Bagaimanapun itu semua hak masing-masing dalam hidup dan bermain lah.. Gitu kan bro :D



7. Pengemis

Entahlah, saya kurang paham tipe ini. Tapi saya jumpai, tidak hanya sekali dua kali. Tapi lumayan sering.

Karakternya meminta tolong tidak habis-habis, setiap kali online mesti minta dibantu, dari minta zin, minta GB, minta ini minta itu terus..

"GB saya dunk kk sampai level 120, biar bisa di BW."

Dalam hati, kalau sudah level 120.. sudah bisa masuk memang bisa lawan BW sendiri?

Sesudah di BW terus dan menerus minta tolong di GB, tidak terlihat usaha mandiri.

Tidak paham saya karakter apa yang akan dibentuk oleh tipe player berjenis ini, menjadi kuat? Tidak, karena akan minta tolong dan tolong.. Tidak ditolong pun berkesan seolah-olah pada tidak setia kawan, tidak jarang melompat-lompat guild karena kecewa ga dibantuin.

Take n give nya tidak ada, hanya meminta dan meminta. Bahkan lebih cenderung annoying

Tidak semua orang punya waktu untuk membantumu kawan, berusahalah hidup mandiri. Dan mari bantu membantu juga ke rekan kita yang lain :D







Pada dunia xian, banyak aktivitas sosial terjadi di dalamnya. Player tak hanya sekadar bermain-main dengan bot atau NPC atau quest-quest. Aktivitas sesoial semacam kecurangan, licik, jujur, berbohong, kata-kata kasar, jorok, kesetiakawanan, saling bantu membantu, gengsi, musuhan sampai ke dunia real, dan apapun bisa terjadi di dalamnya.

Playernya sendiri terdiri berbagai umur dan kalangan, dari ABG (anake bakol gedang, anake bakol gendhul, anak buah gendruwo, dll), anak-anak alay, anak-anak muda, pegawai, ataupun yang cukup umur pun bermain di dalamnya. Semua terjadi di dalamnya.

Penulis sendiri pernah mengalami semuanya, pengalaman enak dan tidak enak. Seperti ditipu, diolok-olok, dihina, dicaci. Atau mendapatkan pertemanan yang baik, saling bantu, kepercayaan satu sama lain, kejadian-kejadian lucu, dan sebagainya.

So, tipe apapun kalian.. tetap berhati-hati, jangan terlalu baper, dan keep smile with me :D



Analisis ini saya buat secara pribadi, bisa jadi kenyataannya banyak berbeda. Bahkan bisa jadi lebih banyak tipe karakter-karakter lainnya, misalnya karakter banci hehe.. peace :D

Jika kamu menyukai postingan di atas, tinggalkan pesan atau komentar di bawah ini sebagai apresiasi dan komunikasi bersama untuk mengetahui unek-unekmu. Terimakasih telah membaca dan mengunjungi blog ini..