Laman

Rabu, 02 Maret 2016

SHJ Tortoise vs SHJ Temblor


Seharusnya, saya menulis terlebih dahulu tentang profil Tortoise dan Temblor (Quake Tank), sehingga mengerti terlebih dahulu siapa dan bagaimana mereka, baru setelahnya membuat tulisan ini.

Namun, lantaran makin hari makin jarang ada waktu.. maka langsung saja, dengan harapan buat rekan-rekan yang bingung menentukan antara kedua SHJ ini bisa mendapatkan gambaran tentang keduanya. Mungkin jika ada waktu lagi ke depan dapatlah saya lengkapi lagi.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa kedua SHJ ini memiliki kemampuan skill hit udara dan darat. Namun spesialisasinya tentu saja di udara. Akan tetapi masih banyak yang bingung menentukan pilihan yang mana yang akan dijadikan hitter udaranya.

Baiklah, semoga paparan berikut ini bermanfaat.

Pastikan sudah membaca tentang Katagori Prajurit.
Bahwa keduanya bisa dipakai secara bersamaan, namun lebih baik sebagai substitusi saja.

Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. berdasarkan pengalaman, pengamatan, dan praktek langsung saya yang memiliki keduanya adalah gambarannya sebagai berikut.

Tortoise (Korea)


  • Memiliki damage normal untuk hitter udara yang sangat besar, bahkan bisa saya katakan terbesar diantara semua hitter udara kelas prajurit (bukan monster).
  • Skill Aktif
  • Spamming skill aktif (DPS) nya termasuk cepat, sehingga bisa dihandalkan untuk membunuh.
  • Jarak relatif cukup jauh untuk membunuh, sehingga tidak perlu support share damage nya aonghaji. Cukup aman untuk menyerang, asalkan ada TB di depan.
  • Support oleh Breaker Armor nya Ilusionis. Sehingga cocok dipadukan dengan char ce taiwan, ataupun co jepang, atau jendral/monster lain yang menggunakan illusionis.
  • Pastikan MP (mana) cukup, atau disupport oleh Magician. Kurang bisa di support oleh regenerate MP nya Zuge Liang / Emperor Yoobang.
  • Target area, sekitar 4x4. Cocok sekali untuk monster 1 atau lebih.
  • Skill utama areanya hanya untuk monster udara. Sementara skill daratnya lebih jarang dipakai, karena hitter darat lain lebih handal.
  • Senjata bawaannya bow yang dapat dikombinasikan dengan skill bow lain. Misalnya Bow Yishunsin atau PGB buat summon bantu-bantu TB jika tidak diperlukan saat melawan monster darat. Atau dengan bow lain yang memiliki variant skill bermacam-macam.

Temblor (Jepang)

  • Memiliki damage normal biasa atau lumayan. 
  • Namun memiliki skill death blow yang sangat mematikan. Dan skill rentetan serangan yang besar. Apa yak nama skill rentetannya itu.. lupa saya hehe (nanti saya update, mungkin).
  • Memiliki spesial skill death blow dan rentetan yang bersifat pasif, keluarnya untung-untungan.. Sehingga harus bertahan sesuai waktu menunggu keluarnya. Jika hoki bisa langsung keluar berkali-kali.
  • Harus mendekat, beresiko mati tinggi. Sehingga harus disupport oleh Aonghaji (HJ Cina).
  • Dengan beresiko tinggi mati, stats HP perlu dipertimbangkan juga equipment armornya. Jika equipmentnya alakadarnya, belum sempat hit sudah tewas.
  • Hemat MP (mana), bisa disupport oleh regenerate nya Zuge L. / E. Yoobang.
  • Target satuan. Tidak cocok untuk monster terbang yang berjumlah banyak. Buat bossing saja.
    Sehingga perlu dipertimbangkan, jika berhadapan dengan monster terbang dalam jumlah banyak bagaimana. Namun, tak perlu kawatir juga... jika hunt pada tempat-tempat favoritnya tidak memerlukan skill area udara. 
  • Kelebihan lainnya adalah Skill Death blow dan Rentetannya bisa dipergunakan untuk monster darat, meski tetap satuan. Sehingga bisa relatif lebih mudah leveling secara pasif.
  • Support oleh Breaker Armornya Yingyangman.
  • Senjata bawaan tembak tidak memiliki skill lain.

Kira-kira demikian kurang lebihnya kedua SHJ jebolan vortex tersebut. Keduanya memiliki spesialisasi Equipment dari vortex yang jika dipakai dengan lengkap akan sangat mematikan.

Untuk video dan sample-samplenya sudah pernah saya posting, silakan dilihat-lihat sendiri di halaman lainnya yak. Dari video-videonya dapat dipastikan kedua SHJ ini sangat bisa dihandalkan hingga bossing kelas atas.

Jadinya bagusan mana? Semua terserah. Karena cara main kita yang berbeda-beda dalam membuat karakter, kombinasi, ketrampilan, dan kemampuan biaya, serta prioritas. Mau pilih salah satu silakan, sebagai substitusi silakan, atau dipakai bersamaan juga silakan.

Saya sendiri lebih memilih substitusi saja. Atau jika sudah ada sinsu Blue Dragon, saya rasa fungsi temblor jadi sepenuhnya tergantikan karena memiliki karakteristik yang sama yakni hitter satuan. Namun kehematan akan MP membuat suka terutama yang miskin makanan atau pil 'narkoba' (mana pil).



Catatan Kaki:
Damage Normal adalah damage yang berasal dari attack plus skill MP secara umum, bukan spesial skill atau bantuan dari buff HJ lain semisal fernandes/fernando.

Jika kamu menyukai postingan di atas, tinggalkan pesan atau komentar di bawah ini sebagai apresiasi dan komunikasi bersama untuk mengetahui unek-unekmu. Terimakasih telah membaca dan mengunjungi blog ini..